Senin, 09 Mei 2016

SSP Bahasa Indonesia Kelas IV Semester 1



SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS IV SEMESTER 1
Dosen Pembimbing Lapangan :


Description: images.jpg

Disusun Oleh:
A Taufik H






PRGORAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2016

PENDAHULUAN
SD atau Sekolah Dasar  adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah Dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari Kelas 1 sampai Kelas 6. Saat ini murid Kelas 6 diwajibkan  mengikuti Ujian Nasional (dahulu Ebtanas) yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan Sekolah Dasar dapat melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat).
Pelajar Sekolah Dasar umumnya berusia 7-12 tahun. Di Indonesia, setiap warga negara berusia 7-15 tahun tahun  wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni Sekolah Dasar (atau sederajat) 6 tahun dan Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat) 3 tahun.
Sekolah Dasar diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada tahun 2001, pengelolaan Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah Departemen Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab kabupaten/kota. Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar nasional pendidikan. Secara struktural, Sekolah Dasar Negeri berada di bawah Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan di kecamatan.
Pendidikan Bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang perlu diajarkan kepada para siswa di sekolah. Tak heran apabila mata pelajaran ini kemudian diberikan sejak masih di bangku SD hingga lulus SMA. Dari situ diharapkan siswa mampu menguasai, memahami dan dapat mengimplementasikan keterampilan berbahasa. Seperti membaca, menyimak, menulis, dan berbicara.
Pelajaran Bahasa Indonesia mulai dikenalkan di tingkat sekolah sejak kelas 1 SD. Seperti ulat yang hendak bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. Mereka memulai dari nol. Pada masa tersebut materi pelajaran Bahasa Indonesia hanya mencakup membaca, menulis sambung serta membuat karangan singkat. Baik berupa karangan bebas hingga mengarang dengan ilustrasi gambar. Sampai ke tingkat-tingkat selanjutnya pola yang digunakan juga praktis tidak mengalami perubahan yang signifikan..





No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Text Box: SILABUSIndikator
Materi
Model dan Metode Pembelajaran
Waktu
Sumber Media
Penilaian
1.
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.

1.1 Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.


Kognitif
1.1.1        Menjelaskan tentang denah/gambar
1.1.2        Menjelaskan tentang arah mata angin
Afektif
1.1.3 Mengikuti proses pembelajaran dengan tertib

Psikomotor

1.1.4Mendemonstrasikan tentang denah/gambar yang telah dibuat.

Denah/ Gambar
Model: Koopratif
Metode: Ceramah dan Diskusi
1X15 menit

Buku Bahasa Indonesia kelas 4 semester I
 Gambar Denah
Tes tertulis berupa soal pilihan ganda (kognitif)

Melalui observasi ketika pembelajaran berlangsung (afektif)

Melalui observasi ketika mengerjakan LKS (Psikomotor)


Yogyakarta, 10 April 2016

Mengetahui,
                                                                                                                                                                                            Guru Kelas IV


                                                                                                                                                                                             


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R  P  P )
TEMATIK
Satuan Pendidikan               :
Kelas / Semester                   : IV / 1
Mata pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Alokasi Waktu                     : 1 x 15 menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
1.      Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.1. Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

C.    INDIKATOR
Kognitif
1.1.1        Menjelaskan tentang denah/gambar
1.1.2        Menjelaskan tentang arah mata angin
            Afektif
1.1.2 Mengikuti proses pembelajaran dengan tertib

Psikomotor
1.1.3 Mendemonstrasikan tentang denah/gambar yang telah dibuat.


D. TUJUAN
1.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tentang denah/gambar dengan benar dan tepat
2.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan tentang arah mata angina dengan benar dan tepat
3.      Melalui kegiatan yang dirancang oleh guru, siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan tertib dan disiplin
4.      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa dapat mendemonstrasikan tentang denah/gambar yang telah dibuat dengan benar dan tepat

E.  MATERI PEMBELAJARAN
Denah/gambar
F.  METODE PEMBELAJARAN
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Kerja Kelompok
Model : Kooperatif CTL
G.    LANGKAH PEMBELAJARAN
No
Kegiatan
Waktu
1.      Pertemuan Pertama 1x15 menit
1.       
Pendahuluan
a.       Guru membuka dengan salam
b.      Guru mengajak siswa berdoa serta melakukan presensi siswa
c.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
d.      Guru membagikan bahan ajar kepada siswa
3 menit
2.       
Kegiatan Inti
a.       Guru menjelaskan tentang denah dan arah mata angin
b.      Guru meminta salah satu siswa untuk memberi tanda pada denah sesuai dengan bacaan
c.       Guru mencocokkan hasil kerja siswa
d.      Masing-masing siswa menggambar denah/gambar dan menjelaskan denah/gambar yang sudah dibuat
e.       Guru memberikan PR kepada siswa sebagai lembar evaluasi
9 menit
3.       
Penutup
a.       Guru menyampaikan kesimpulan dari pembelajaran hari ini dan memberikan reward
b.      Guru menutup pembelajaran dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa
3 menit


H.    SUMBER BELAJAR
a.       Buku Bahasa Indonesia kelas 4 Semester I
b.      Gambar Denah

I.       PENILAIAN
a.      Tertulis
Jenis penilaian ini diberikan secara individual kepada siswa.Hasil  pekerjaan siswa dapat dikoreksi langusng oleh siswa secara silang/saling menukar hasil pekerjaan dan kemudian dikoreksi bersama dengan guru.
b.      Pengamatan
Peniaian ini dilakukan oleh guru dengan mengisi lembar pengamatan.





Yogyakarta, 10 April 2016
Guru Kelas IV













INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF

No
No Soal
Aspek
Kriteria
Skor
1
1
Kognitif
Satu jawaban tepat
2
2
2
Kognitif
Satu jawaban tepat
2
3
3
Kognitif
Satu jawaban tepat
2
4
4
Kognitif
Satu jawaban tepat
2
5
5
Kognitif
Satu jawaban tepat
2

Pedoman penilaian:



Text Box: Nilai=(Total skor yang diperoleh)/(Skor maksimal)x 100
=(total skor yang diperoleh)/10x 100
 













LEMBAR PENGAMATAN PSIKOMOTOR

NO
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
NILAI AKHIR
PERCAYA DIRI
ANTUSIAS
BEKERJA SAMA
A
B
C
A
B
C
A
B
C
1











2











3











dst













Keterangan:
A = skor 5                             
B = skor 4                                           Standar Penilaian =  x 100
C = skor 3





LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF

NO
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
NILAI AKHIR
KERJASAMA
SALING MENGHARGAI
TANGGUNG JAWAB
KEDISIPLINAN
1






2






3






4






5






dst







Keterangan                                                                
Kerjasama                   : 1-30                           Skor     
Saling Menghargai     : 1-30                           60-70 = C
Tanggung Jawab        : 1-30                           81-90 = B
Kedisiplinan                : 1-30                           91-100= A






Text Box: Disusun oleh : Agus Taufik Hidayat /13144600030Oval: 4
Untuk SD/MI
Text Box: Nama  : …………………….
Kelas  : ……………………
No Absen :…………………….
Curved Up Ribbon: SEMESTER 1Rounded Rectangle: BUKU BAHASA INDONESIADescription: images.jpg


Rounded Rectangle: SK, KD, INDIKATOR
 


A.   STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.

B.   KOMPETENSI DASAR
Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.

C.    INDIKATOR
Menjelaskan tentang denah/gambar
Menjelaskan tentang arah mata angin























Rounded Rectangle: PETA KONSEP






Rounded Rectangle: Denah





Rounded Rectangle: MENGGAMBAR DENAH
 
























                                                                                                                           


Rounded Rectangle: DENAH
 



                      Pernahkah kalian melihat denah? Apakah yang dimaksud dengan denah? Denah adalah gambar yang menunjukkan lokasi atau bagian dari suatu tempat. Denah juga sering disebut Peta. Denah memiliki petunjuk arah, dan simbol. Fungsi dari denah tentu untuk membantu kita menemukan suatu tempat, lokasi, atau bangunan yang dituju.

            Arah mata angin
Arah mata angin merupakan petunjuk arah denah. Arah mata angin berguna untuk mempermudah membaca denah. Arah mata angin ada delapan. Antara lain Utara (U), timur laut (TL), timur (T), tenggara (TG), selatan(S), barat daya (BD), barat (B), dan barat laut (BL). Pada denah, arah utara selalu berada di atas. Sementara itu, arah selatanberada di bawah.
Description: E:\arah_mata_angin.jpg
Simbol
                simbol digunakan untuk mengganti atau mewakili objek yang digambarkan pada peta atau Denah
Description: E:\simbol-alam.jpg Description: E:\simbol-budaya.jpg
Description: E:\vektor_icon_Denah_undangan.jpg
Arif disuruh ibu untuk membeli obat merah. Aulia, adik Arif, kakinya terluka karena jatuh dari sepeda. Arif belum mengetahui letak apotek tersebut. Akhirnya, ibu menggambar denah dari rumah menuju apotek “Sehat”. Untuk sampai ke apotek “Sehat” dari rumah Arif naik sepeda ke arah utara melewati Jalan Garuda. Sampai di pertigaan arif masih lurus da nada simpang empat, Arif belok ke kanan menuju arah timur melewati Jalan Merak. Letak Apotek “Sehat” kira-kira 100 meter dari simpang empat itu, tepatnya di selatan Jalan Merak. Jadi, apotek itu menghadap ke utara.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigevoZhuf3LmbUrSPCmgS6LWdUzyeD0x81WCBccG1iEtkqBdVInJ2EmbWZ2amGuQoAcHMezymQL8yuezdXm4dh6EiOuOD_XPMmner3zJh_NCi-cpH8yXBTdAqW-zddJXB_Fq0W7U-Ihyphenhyphen-D/s1600/Denah+menuju+apotek+Sehat.JPG



Text Box: AYO KERJAKAN
 
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Nama             : ……………………………

1.     Buatlah denah letak rumahmu,  jika kamu akan berangkat ke sekolah !






















Text Box: AYO KERJAKAN
 
EVALUASI
Isilah soal-soal berikut dengan jawaban yang tepat!
1.   Apakah yang dimaksud dengan denah?
2.   Apakah manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari?
3.   Apa saja yang harus diperhatikan ketika membuat denah?
















KUNCI JAWABAN EVALUASI
1.    gambar yang menunjukkan lokasi atau bagian dari suatu tempat
2.    untuk mempermudah kita mencari sebuah objek di permukaan bumi
3.    symbol dan arah mata angin yang ada pada denah atau Peta




                                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar