SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY
PENGEMBANGAN
PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS IV SEMESTER 1
Dosen Pembimbing Lapangan :
Disusun Oleh:
A Taufik H
PRGORAM STUDI PENDIDIKAN GURU
SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2016
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA
2016
PENDAHULUAN
SD atau
Sekolah Dasar
adalah jenjang paling dasar pada pendidikan formal di Indonesia. Sekolah
Dasar ditempuh dalam waktu 6 tahun, mulai dari Kelas 1 sampai Kelas 6. Saat ini
murid Kelas 6 diwajibkan mengikuti Ujian Nasional (dahulu
Ebtanas) yang mempengaruhi kelulusan siswa. Lulusan Sekolah Dasar dapat
melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah
Pertama (atau sederajat).
Pelajar Sekolah Dasar umumnya berusia 7-12 tahun. Di Indonesia, setiap
warga negara berusia 7-15 tahun tahun
wajib mengikuti pendidikan dasar, yakni Sekolah Dasar (atau sederajat) 6
tahun dan Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat) 3 tahun.
Sekolah Dasar diselenggarakan oleh
pemerintah maupun swasta. Sejak diberlakukannya otonomi daerah pada
tahun 2001, pengelolaan
Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Indonesia yang sebelumnya berada di bawah
Departemen Pendidikan Nasional, kini menjadi tanggung jawab kabupaten/kota. Sedangkan Departemen Pendidikan Nasional hanya berperan sebagai regulator dalam bidang standar
nasional pendidikan. Secara struktural, Sekolah Dasar Negeri berada di bawah
Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan di kecamatan.
Pendidikan Bahasa Indonesia
merupakan salah satu aspek penting yang perlu diajarkan kepada para siswa di
sekolah. Tak heran apabila mata pelajaran ini kemudian diberikan sejak masih di
bangku SD hingga lulus SMA. Dari situ diharapkan siswa mampu menguasai,
memahami dan dapat mengimplementasikan keterampilan berbahasa. Seperti membaca,
menyimak, menulis, dan berbicara.
Pelajaran Bahasa Indonesia mulai dikenalkan di tingkat sekolah
sejak kelas 1 SD. Seperti ulat yang hendak bermetamorfosis menjadi kupu-kupu.
Mereka memulai dari nol. Pada masa tersebut materi pelajaran Bahasa Indonesia
hanya mencakup membaca, menulis sambung serta membuat karangan singkat. Baik
berupa karangan bebas hingga mengarang dengan ilustrasi gambar. Sampai ke
tingkat-tingkat selanjutnya pola yang digunakan juga praktis tidak mengalami perubahan
yang signifikan..
No
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi
|
Model dan Metode Pembelajaran
|
Waktu
|
Sumber Media
|
Penilaian
|
1.
|
Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.
|
1.1 Membuat gambar/denah
berdasarkan penjelasan yang didengar.
|
Kognitif
1.1.1
Menjelaskan
tentang denah/gambar
1.1.2
Menjelaskan tentang
arah mata angin
Afektif
1.1.3 Mengikuti proses pembelajaran
dengan tertib
Psikomotor
1.1.4Mendemonstrasikan
tentang denah/gambar yang telah dibuat.
|
Denah/ Gambar
|
Model: Koopratif
Metode:
Ceramah dan Diskusi
|
1X15 menit
|
Buku Bahasa Indonesia
kelas 4 semester I
Gambar Denah
|
Tes tertulis berupa soal pilihan ganda
(kognitif)
Melalui observasi ketika pembelajaran berlangsung
(afektif)
Melalui observasi ketika mengerjakan LKS
(Psikomotor)
|
Mengetahui,
Guru
Kelas IV
RENCANA
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(
R P
P )
TEMATIK
Satuan
Pendidikan :
Kelas
/ Semester : IV / 1
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Alokasi
Waktu : 1 x 15 menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Mendengarkan
penjelasan tentang petunjuk denah dan simbol daerah/lambang korps.
B.
KOMPETENSI DASAR
1.1. Membuat gambar/denah
berdasarkan penjelasan yang didengar.
C.
INDIKATOR
Kognitif
1.1.1
Menjelaskan tentang
denah/gambar
1.1.2
Menjelaskan tentang
arah mata angin
Afektif
1.1.2 Mengikuti
proses pembelajaran dengan tertib
Psikomotor
1.1.3 Mendemonstrasikan
tentang denah/gambar yang telah dibuat.
D. TUJUAN
1. Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menjelaskan
tentang denah/gambar dengan benar dan tepat
2. Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat menjelaskan tentang arah mata angina dengan benar dan tepat
3.
Melalui kegiatan yang
dirancang oleh guru, siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan
tertib dan disiplin
4. Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mendemonstrasikan
tentang denah/gambar yang telah dibuat dengan benar
dan tepat
E. MATERI PEMBELAJARAN
Denah/gambar
F. METODE PEMBELAJARAN
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Kerja Kelompok
Model : Kooperatif CTL
G.
LANGKAH
PEMBELAJARAN
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Pertemuan
Pertama 1x15 menit
|
||
1.
|
Pendahuluan
a. Guru membuka dengan salam
b. Guru mengajak siswa berdoa serta melakukan presensi
siswa
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Guru membagikan bahan ajar kepada siswa
|
3 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan tentang denah dan arah mata
angin
b. Guru meminta salah satu siswa untuk memberi
tanda pada denah sesuai dengan bacaan
c. Guru mencocokkan hasil kerja siswa
d. Masing-masing
siswa menggambar denah/gambar dan menjelaskan denah/gambar yang sudah dibuat
e. Guru memberikan PR kepada siswa sebagai lembar
evaluasi
|
9 menit
|
3.
|
Penutup
a. Guru menyampaikan
kesimpulan dari pembelajaran hari ini dan memberikan reward
b. Guru menutup pembelajaran
dan menyuruh salah satu siswa untuk memimpin doa
|
3 menit
|
H. SUMBER BELAJAR
a. Buku Bahasa Indonesia kelas 4 Semester I
b. Gambar Denah
I.
PENILAIAN
a.
Tertulis
Jenis
penilaian ini diberikan secara individual kepada siswa.Hasil pekerjaan siswa dapat dikoreksi langusng oleh
siswa secara silang/saling menukar hasil pekerjaan dan kemudian dikoreksi
bersama dengan guru.
b.
Pengamatan
Peniaian
ini dilakukan oleh guru dengan mengisi lembar pengamatan.
Yogyakarta, 10 April 2016
Guru Kelas IV
INSTRUMEN
PENILAIAN KOGNITIF
No
|
No Soal
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
1
|
Kognitif
|
Satu
jawaban tepat
|
2
|
2
|
2
|
Kognitif
|
Satu
jawaban tepat
|
2
|
3
|
3
|
Kognitif
|
Satu
jawaban tepat
|
2
|
4
|
4
|
Kognitif
|
Satu
jawaban tepat
|
2
|
5
|
5
|
Kognitif
|
Satu
jawaban tepat
|
2
|
Pedoman
penilaian:
LEMBAR PENGAMATAN PSIKOMOTOR
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NILAI AKHIR
|
||||||||
PERCAYA DIRI
|
ANTUSIAS
|
BEKERJA
SAMA
|
|||||||||
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
A
|
B
|
C
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
A = skor 5
B = skor 4 Standar
Penilaian = x 100
C = skor 3
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
NILAI AKHIR
|
|||
KERJASAMA
|
SALING MENGHARGAI
|
TANGGUNG JAWAB
|
KEDISIPLINAN
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Kerjasama :
1-30 Skor
Saling Menghargai :
1-30 60-70 = C
Tanggung Jawab :
1-30 81-90 = B
Kedisiplinan :
1-30 91-100= A
A. STANDAR KOMPETENSI
Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk
denah dan simbol daerah/lambang korps.
B. KOMPETENSI DASAR
Membuat gambar/denah berdasarkan
penjelasan yang didengar.
C. INDIKATOR
Menjelaskan
tentang denah/gambar
Menjelaskan
tentang arah mata angin
Pernahkah
kalian melihat denah? Apakah yang dimaksud dengan denah? Denah adalah gambar
yang menunjukkan lokasi atau bagian dari suatu tempat. Denah
juga sering disebut Peta. Denah memiliki petunjuk arah, dan simbol. Fungsi dari
denah tentu untuk membantu kita menemukan suatu tempat, lokasi, atau bangunan
yang dituju.
Arah mata angin
Arah mata angin merupakan petunjuk arah
denah. Arah mata angin berguna untuk mempermudah membaca denah. Arah mata angin
ada delapan. Antara lain Utara (U), timur laut (TL), timur (T), tenggara (TG),
selatan(S), barat daya (BD), barat (B), dan barat laut (BL). Pada denah, arah
utara selalu berada di atas. Sementara itu, arah selatanberada di bawah.
Simbol
simbol
digunakan untuk
mengganti atau mewakili objek yang digambarkan pada peta atau Denah
Arif disuruh ibu untuk membeli obat merah. Aulia, adik Arif, kakinya
terluka karena jatuh dari sepeda. Arif belum mengetahui letak apotek tersebut.
Akhirnya, ibu menggambar denah dari rumah menuju apotek “Sehat”. Untuk sampai
ke apotek “Sehat” dari rumah Arif naik sepeda ke arah utara melewati Jalan
Garuda. Sampai di pertigaan arif masih lurus da nada simpang empat, Arif belok
ke kanan menuju arah timur melewati Jalan Merak. Letak Apotek “Sehat” kira-kira
100 meter dari simpang empat itu, tepatnya di selatan Jalan Merak. Jadi, apotek
itu menghadap ke utara.
LEMBAR KEGIATAN SISWA
Nama : ……………………………
1.
Buatlah denah letak rumahmu, jika kamu akan berangkat ke sekolah !
EVALUASI
Isilah soal-soal berikut dengan
jawaban yang tepat!
1. Apakah yang
dimaksud dengan denah?
2. Apakah
manfaat denah dalam kehidupan sehari-hari?
3. Apa saja
yang harus diperhatikan ketika membuat denah?
KUNCI JAWABAN EVALUASI
1. gambar
yang menunjukkan lokasi atau bagian dari suatu tempat
2. untuk
mempermudah kita mencari sebuah objek di permukaan bumi
3. symbol dan arah mata angin yang ada pada denah atau
Peta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar