Senin, 09 Mei 2016

Artikel tentang bimbingan konseling ( Andai aku jadi guru )



ANDAI AKU JADI GURU BK
Tugas utama seorang guru adalah dengan segala macam cara yang dapat dilakukan untuk membantu murid agar dapat menguasai bahan pelajaran yang diajarkan sesuai kurikulum dan memungkinkan untuk memfasilitasi murid mengembangkan dirinya menjadi apa yang diinginkan.
Guru juga memberi bimbingan yang membantu untuk menentukan tujuan, menyelesaikan persoalan-persoalan yang muncul. Guru tidak hanya memberikan mata pelajaran saja melainkan guru juga mengajarkan sikap dan nilai-nilai yang diperlihatkan saat di kelas serta guru juga bisa mengamati tingkah laku setiap murid.Banyaknya masalah-masalah yang terjadi di setiap sekolah khususnya Sekolah Dasar (SD) membuat guru untuk lebih atau ekstra dalam menanganinya.
Masalah-masalah yang sering muncul di Sekolah Dasar  tersebut adalah banyaknya siswa yang membuat gaduh saat pembelajaran. Peristiwa ini menjadi masalah karena mengganggu teman. Faktor penyebab adanya permasalahan itu adalah karena si anak mempunyai kesibukan sendiri, seperti bermain mainan yang akan dimainkan waktu istirahat atau bermain yang sudah dimainkan waktu istirahat, namun belum puas.
Mengajak teman ramai saat pelajaran, tidak dipungkiri juga murid yang ramai sendiri tidak akan mengajak teman sebelahnya. Murid yang ramai sendiri justru akan mengajak teman sebelahnya untuk ramai pula dengan diawali dari mencari perhatian sebelahnya. Jika sudah ada kecocokan interaksi, maka dipastikan akan menjadi perbincangan diluar pelajaran yang akan menganggu teman lainnya.
Dengan masalah-masalah tersebut, Saya sebagai guru akan mengefektifkan dan mengefisiensikan pelayanan bimbingan dan konseling sekolah, dan guru juga dapat bertindak sebagai konselor bagi peserta didiknya. Guru dalam melakukan bimbingan  dengan cara melakukan pendekatan kepada anak didik serta Guru juga harus mencari apa yang menyebabkan permasalahan pada anak didik tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar